Thursday 13 March 2014

Eiji Yoshikawa : Musashi

udah lama banget baca buku ini..
tapi baru sekarang ngereview

aku suka sama komik-komik jepang, dan nggak gitu suka sama novel jepang.. tapi kayaknya novel satu ini cukup membuatku penasaran kala itu :D

buku ini terbit tahun 1990
dan aku baru baca buku itu waktu kelas dua SMP, aku yang masih remaja saat itu (halah.... >_<)
nggak mudeng sama ceritanya.. trus belakangan aku baca lagi, ok lumayan pahamlah sekarang dari pada dulu

jadi buku ini menceritakan tentang pengembaraan seseorang untuk menjadi samurai
dimulai dari pertempuran Sekigahara, Musashi yang saat itu bernama Shinmen Takezo dan temannya sejak kecil Hon'iden Matahachi berada di pihak yang kalah. menjadi pelarian sekigahara dan dikejar-kejar hingga akhirnya mereka menginap di rumah Oko seorang janda beranak satu, nama anaknya Akemi.

lalu pada suatu ketika, Matahachi dan Oko pergi meninggalkan Takezo seorang diri, Takezo yang kebingungan bagaimana menyampaikan kabar akan Matahachi ke orang-orang desa di kampung halaman mereka berdua akhirnya pulang. dia jadi dimusuhi orang sekampung gara-gara hasutan ibu Matahachi. membuat Takezo marah dan membantai banyak orang kala itu. maklum, masih muda... gampang marah, baru juga 17 tahun. saat itu Takezo merasa kalo dialah yang paling kuat dan tidak ada yang bisa mengalahkannya sampai dia bertemu Takuan Soho. hidupnya pun berubah... dan dia bertransformasi menjadi Musashi Miyamoto.

lalu pengembaraan pun dimulai... Musashi banyak bertemu dengan orang-orang besar dan dia banyak belajar mengenai jalan pedang. terus mengasah spiritualnya hingga akhirnya dia berhadapan dengan Sasaki Kojiro. sepertinya kedua orang itu memang ditakdirkan untuk menjadi lawan bagi satu sama lain.

banyak sekali pelajaran yang terkandung di dalam buku ini... juga banyak kata-kata mutiaranya :p
dan yang paling super dari itu semua adalah kata-kata terakhir dari buku ini
Ikan-ikan kecil menyerahkan diri mereka kepada gelombang, menari, menyanyi, dan bermain, tapi siapa yang bisa mengenal hati laut tiga puluh meter di bawahnya
kayaknya aku mengerti maksudnya... hehehe :D
kayaknya loh >_<

eh, ada versi komiknya juga loh.. dibuat oleh Takehiko Inoue judulnya Vagabond. :)
sumber gambar : http://id.wikipedia.org/wiki/Vagabond

No comments:

Post a Comment